Jenis-Jenis Kertas, Ukuran dan Kegunaannya
Jenis jenis kertas beserta ukuran dan kegunaannya

Jenis-Jenis Kertas, Ukuran dan Kegunaannya

Diposting pada

Carasatu.web.id – Kertas sudah menjadi barang yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun tahukah Anda bahwa ada banyak jenis-jenis kertas dengan kegunaannya masing-masing. Ukuran kertas juga beragam sesuai penggunaan.

Dalam kehidupan sehari-hari kertas yang banyak di kenal ada kertas HVS, kertas buram dan kertas foto. Padahal jika di kumpulkan masih banyak jenis kertas yang lainnya.

Kertas sendiri terbuat dari bubur kertas, bubur kertas terbuat dari kayu jadi kertas sebenarnya berasal dari kayu.

Jenis-Jenis Kertas

Beda kertas memiliki karakteristik tersendiri. Ada yang permukaanya halus, ada yang permukaannya kasar. Namun secara umum kertas berfungsi sebagai sarana dokumentasi, baik tulisan maupun gambar.

Kertas HVS

Kertas ini bertekstur halus, putih, serta tipis dengan ketebalan mulai 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm dan 100 gsm. Kertas HVS termasuk kertas yang umum digunakan perkantoran dan sekolah

Kegunaan kertas HVS : sebagai media laporan kerja, tugas sekolah, makalah, serta digunakan juga untuk buku.

Book Paper

Kertas Book Paper bertekstur sedikit kasar cenderung halus, kekuningan, ringan dan tipis. Ketebalan kertas mulai 55 gsm,70, dan 90 gsm. Kertas jenis ini diciptakan agar mata Anda selalu nyaman dan bisa berlama-lama dalam membaca buku.

Kegunaan book paper : khusus untuk buku yang sifat teks saja, karena untuk gambar kurang menghasilkan warna yang tajam karena warna kertasnya sendiri cenderung kekuningan.

Art Paper

Kertas Art Paper bertektur halus, putih, licin, serta mengkilap dengan ukuran ketebalan sedikit tipis yaitu 120 gsm dan 150 gsm. Kertas art papaer memiliki karakter lebih lux apalagi ditambah laminasi glossy ataupun dov.

Kegunaan Art Paper : untuk brosur, poster, bagian isi majalah, bagian isi company profile, dan bagian isi buku yang membutuhkan gambar lebih detail.

Kertas Art Carton

Kertas ini bertekstur halus,putih, licin, mengkilap, dan tebal. Ukuran ketebalan kertas Art carton mulai 190 gsm, 210 gsm, 230 gsm, 260 gsm dan 310 gsm.

Kegunaan Art Carton: untuk Kartu nama, Cover Buku, Cover Majalah, Company Profile, Poster, Sertifikat, Box Produk, Undangan dan masih banyak lainnya. Untuk kartu nama dan cover buku sendiri sangat cocok menggunakan kertas ukuran 260 gsm.

Kertas Karton BW

Kertas Karton BW memiliki tekstur halus, putih, dengan ketebalan 240 gsm. Kertas karton BW cocok untuk ditulis menggunakan pena seperti kertas HVS.

Kegunaan Karton BW : untuk sertifikat, kartu iuran bulanan, peta, undangan dan lainnya .

Kertas Jasmine

Kertas Jasmine memiliki tekstur halus, licin, mengkilap, dan ada partikel emas dipermukaan kertas. Kertas jasmine memiliki banyak varian warna.

Kegunaan kertas Jasmine : untuk undangan dan kartu ucapan.

Kertas Concorde

Kertas Concorde memiliki tekstur kasar sedikit halus, dan memiliki permukaan timbul seperti membentuk garis. Kertas Concorde memiliki banyak varian warna yang soft.

Kegunaan kertas Concorde : untuk Sertifikat, Proposal, Surat Penting, dan lainnya.

Kertas Linen Jepang

Kertas Linen Jepang memiliki karakter halus, licin, dan memiliki tekstur seperti kain pada permukaan depan. Kertas ini memiliki ketebalan 240 gsm dan sedikit memiliki varian warna.

Kegunanan kertas Linen Jepang : sering digunakan untuk Sertifikat, dan Kartu Nama karena permukaan kertas seperti kain.

Kertas Buffalo

Kertas Buffalo memiliki karakter halus, licin, dan memiliki tekstur seperti guratan kayu serta memiliki banyak varian warna.

Kegunaan kertas Buffalo : digunakan untuk cover jilid, dan beberapa untuk map serta kartu iuran.

Kertas NCR

Kertas NCR memiliki tekstur halus, tipis. NCR berarti non-carbon required, yang berarti kertas yang tidak membutuhkan karbon untuk mencetak duplikat. Penggunaannya secara praktis memiliki 3 rangkap kertas yang tidak bisa ditukar urutannya.

Kegunaan kertas NCR : digunakan untuk nota, bon, struk,faktur, surat jalan invoice yang berperan sebagai bukti transaksi.

Kertas Sticker Cromo

Kertas Sticker Cromo memiliki tekstur lincin, halus, mengkilap, dan memiliki lapisan lem pada bagian permukaan belakang.

Kegunaan kertas Sticker Como : digunakan untuk media promosi yang ditempel pada tempat-tempat tertentu.

Kertas Sticker Vinyl

Kertas Sticker Vinil memiliki ciri licin, halus, mengkilap, lentur dan memiliki lapisan lem pada permukaan belakang.

Kegunaan kertas Sticker Vinyl : digunakan pada bagian motor, mobil, helm, dan lainnya. Karena kertas ini biasa digunakan dalam otomotif karena tidak mudah sobek dan terkikis hujan dan panas seperti pada kertas umumnya.

Kertas Duplex

Kertas duplex memiliki ciri khas satu sisi putih bersih, sisi lain abu-abu gelap. Sisi putih biasanya untuk permukaan yang akan dicetak.

Kegunaan kertas duplex : untuk box makanan, seperti martabak, pizza, atau snack saat acara-acara komunitas.

Kertas CWb/Duplex Putih

Kertas CWb / Duplex Putih memiliki ciri yang sama dengan kertas duplex hanya saja kedua sisi memiliki warna yang sama yaitu putih. Ukuran Lertas Duplex Putih bervariasid ari 250 gsm sampai dengan 400gsm

Kegunaan kertas CWb : untuk box makanan, guna memberi kesan lebih bersih dan elegan.

Kertas Ivory

Kertas Ivory merupakan kombinasi dari kertas duplex dan Art paper. Kertas Ivory memiliki serat dan ketebalan kertas duplex serta kemewahan kertas Art.

Sama seperti Art paper, permukaan kertas Ivory terdiri dari bagian yang mengkilap dan doff. Hanya saja kertas Ivory lebih tebal dan lebih kuat.

Kegunaan kertas Ivory : untuk dijadikan box kemasan yang elegan.

Kertas Doorslag

Kegunaan kertas Doorslag : untuk membuat duplikat catatan dalam bukti transaksi.

Penggunaan kertas Doorslag membutuhkan kertas carbon sebagai alat transfer tekanan. Karena ciri kertas Doorslag yang tipis dan murah dan bisa untuk membuat duplikat maka sering digunakan sebagai alternatif kertas NCR.

Tapi karena tipisnya itu membuat ia sulit dicetak dan diarsipkan (mudah rusak). Hal ini membuatnya perlahan-lahan ditinggalkan dan berganti ke NCR.

Kertas Samson/Samson Kraft

Kertas Samson memiliki tekstur yang agak kasar dengan warna coklat kayu yang klasik. Keunikannya ini membuat kertas Samson sering digunakan sebagai bahan kraft atau kerajinan.

Kegunaan kertas Samson : sebagai paper bag, pembungkus kado, dan sampul buku.

Corrugated Paper / Kertas kardus

Corrugated artinya bergelombang. Seperti namanya kertas ini dibuat bergelombang sehingga kertas lebih kuat terhadap tekanan.

Kegunaan kertas Corugated adalah untuk pengepakan dan penyimpanan, seperti kardus mie instan, kardus air mineral, dan semacamnya.

Kertas Kalkir/Kertas Minyak

Kertas kalkir sering disebut dengan kertas minyak (bukan kertas minyak kosmetik). Ia memiliki permukaan yang transparan, tipis, dan berwarna abu-abu.

Kegunaan kertas kalkir : untuk media desain, gambar, juga untuk cetak sablon.

Fancy Paper

Kertas fancy memiliki tampilan yang fancy (mewah) dengan corak dan tekstur serat yang unik. Dari ketebalan dan teksturnya, bisa dibedakan 3 jenis kertas fancy yaitu Hammer, Tulive, dan Concorde.

Kegunaan kertas fancy : sebagai bahan cetak undangan, piagam, dan lainnya yang memberi kesan mewah dan penting.

Kertas Manila (BC)

Kertas manila atau BC (Brief Card) memiliki tekstur yang agak kasar dan kaku dengan warna yang bermacam-macam.

Kegunaan kertas Manila : awalnya kertas BC banyak digunakan di sekolah sebagai bahan cetak. Namun, sekarang kegunaan kertas manila adalah sebagai bahan pembuatan kartu-kartu record lokal.

Kertas Blues White

Kertas Blues White memiliki tekstur seperti kertas manila, tapi lebih rapat dan kuat. Sama seperti BC, BW juga memiliki warna yang beragam.

Keunggulannya, kertas BW lebih bagus dalam menampilkan hasil cetakan.

Kegunaan kertas BW : sebagai pengganti kertas manila, dengan kesan cetak yang lebih baik.

Kertas Asturo

Kertas asturo memiliki karakteristik mirip seperti kertas BW, tapi lebih kaku dan kuat. Setiap kertas terdiri dari 2 warna, putih di satu sisi, dan warna lain di sisi sebelahnya. Beberapa daerah mungkin menyebutnya sebagai kertas omega.

Kertas asturo relatif lebih bagus saat digunakan untuk mencetak dibanding kertas manila.

Kegunaan kertas asturo : sebagai bahan cetak, kerajinan tangan, dan sampul jilid.

Yellow Board Paper

Yellow board paper memiliki tekstur yang halus dan sangat tebal. Teksturnya yang unik membuatnya tak bisa dicetak secara offset. Kalau mau, perlu dilapisi dengan duplex atau Art paper.

Kegunaan yellow board paper : untuk mencetak undangan VIP dengan hard cover.

Ukuran Kertas

Ukuran Kertas
Macam macam ukuran kertas

Setelah mengetahui jenis-jenis kertas yang ada di dunia, Anda juga perlu tahu ukuran kertas yang ada di dunia dan Indonesia.

Secara International ukuran kertas terbagi dalam seri A,B,C,F dan R. Ukuran kertas A,S,C,F dan R sudah berstandar ISO. Sedangkan untuk Letter, Legal dan Ledger merupakan standar kertas dari Amerika Utara.

Setiap ukuran kertas mewakili funsgsinya masing-masing. Misal standar kertas ukuran A biasanya digunakan pada percetakan.

Kertas ukuran R biasanya untuk ukuran foto dan lain sebagainya. Untuk informasi lengkap ukuran kertas bisa di simak di bawah ini.

Kertas Ukuran A

Kertas seri A merupakan kertas standar international ISO 216 berdasarkan standar Jerman DIN 479.

Kertas ukuran A biasanya untuk cetakan umum, perkantoran, pendidikan dan penerbitan.

Aspek rasio kertas ukuran A adalah 1:1,4142. Ukuran yang paling banyak digunakan adalah ukuran A4.

Standar Ukuran Kertas A

  • Kertas 4A0 : 168.2 X 237.8 cm
  • Kertas 2A0 : 118.9 X 1168.2 cm
  • Kertas A0 : 841.1 x 118.9 cm
  • Kertas A1 : 59.4 x 84.1 cm
  • Kertas A2 : 42 x 59.4 cm
  • Kertas A3 : 29,7 x 42 cm
  • KertaS A4 : 21 X 29.7 cm
  • Kertas A4S : 21.5 X 29.7 cm
  • Kertas A5 : 14.8 X 21 cm
  • Kertas A6 : 10.5 X 14.8 cm
  • Kertas A7 : 7.4 X 10.5 cm
  • Kertas A8 : 5.2 X 7.4 cm
  • Kertas A9 : 3.7 X 5.2 cm
  • Kertas A10 : 2.6 X 3.7 cm

Kertas 2A0 memiliki 2 kali ukuran A0 dan kertas 4A0 memiliki ukuran 4 kali kertas A0.

Baik ukuran 2A0 dan 4A0 bukan standar ukuran internasional sesuai ISO 216 namun biasa digunakan pada keperluan tertentu seperti spanduk dan lainnya.

Kertas Ukuran B

Kertas seri B biasa digunakan untuk keperluan cetak poster besar dan media lukisan dinding.

Standar ukuran kertas B

  • Kertas B0 : 100 X 141.4 cm
  • Kertas B1 : 70.7 X 100 cm
  • Kertas B2 : 50 x 70.7 cm
  • Kertas B3 35.3 X 50 cm
  • Kertas B4 : 25 X 35.3 cm
  • Kertas B5 : 17.6 x 25 cm
  • Kertas B6 : 12.5 x 17.6 cm
  • Kertas B7 : 8.8 x 12.5 cm
  • Kertas B8 : 6.2 X 8.8 cm
  • Kertas B9 : 4.4 X 6.2 cm
  • Kertas B10 : 3.1 x 4.4 cm
Kertas Ukuran C

Kertas seri C biasa digunakan pada map, kartu pos dan amplop. Ukuran kertas seri C meliputi :

  • Kertas C0 : 91.7 X 129.7 cm
  • Kertas C1 : 64.8 X 91.7 cm
  • Kertas C2 : 45.8 X 64.8 cm
  • Kertas C3 : 32.4 X 45.8 cm
  • Kertas C4 : 22.9 X 32.4 cm
  • Kertas C5 : 16.2 x 22.9 cm
  • Kertas C6 : 11.4 X 16.2 cm
  • Kertas C7 : 8.1 X 11.4 cm
  • Kertas C8 : 5.7 X 8.1 cm
Ukuran Kertas F

Ukuran kertas F hanya ada satu ukuran yaitu F4 atau jika di Indonesia disebut dengan kertas ukuran Folio. Kegunaannya biasanya untuk cetak dokumen dan fotocopy

Kertas F4 : 21 X 33 cm.

Kertas Ukuran R

Pernah datang ke tempat afdruk foto? Anda pernah ditanya ukuran berapa fotonya? 5R, 10R atau yang lainnya?

Ukuran foto di Indonesia biasanya menggunakan ukuran 3R, 4R dan 5R walaupun terkadang juga ada yang meminta dicetak ukuran 10R.

Standar ukuran kertas seri R

  • Kertas 2R : 6 X 9 cm
  • Kertas 3R : 8.9 X 12.7 cm
  • Kertas 4R : 10.2 X 15.2 cm
  • Kertas 5R : 12.7 X 17.8 cm
  • Kertas 6R : 15.2 x 20.3 cm
  • Kertas 8R : 20.3 x 25.4 cm
  • Kertas 8R+ : 20.3 X 30.5 cm
  • Kertas 10R : 25.4 x 30.5 cm
  • Kertas 10R+ : 25.4 X 38.1 cm
  • Kertas 11R : 27.9 x 35.6 cm
  • Kertas 11R+ : 27.9 x 43.2 cm
  • Kertas 12R : 30.5 X 38.1 cm
  • Kertas 12R+ : 30.5 x 46.5 cm
Kertas Ukuran Pas Foto

Ukuran pas foto biasanya digunakan untuk mencetak foto ukuran formal seperti pada saat lamar kerja, buat SKCK, ijazah dan dokumen penting lainnya.

Pas foto biasanya memiliki ukuran yang sudah ditentukan oleh pihak yang menginginkan. Misal buat SKCkK harus menggunakan pas foto 4×6 berwarna, background merah. Maka Anda harus mencetak sesuai yang dimaksud.

Berikut ukuran pas foto yang umum di Indonesia.

Ukuran kertas pas foto

  • Pas foto 2×3 : 2 x 2,8 cm
  • Pas foto 3×4 : 2.8 x 3.8 cm
  • Pas foto 4×6 : 3.8 x 5.6 cm
  • Pas foto 6×9 : 5.6 x 8.9 cm

Dari sekian banyak jenis kertas dan ukurannya mana yang sering Anda gunakan? Pastinya sudah punya langganan tempat beli kertas yang murah dong… Demikian info singkat jenis-jenis kertas dengan kegunaan dan ukurannya. Ternyata banyak ya…

Facebook :  Carasatu