Cara Setting Multi Monitor Pada Komputer Windows 11 Terbaru

Cara Setting Multi Monitor Pada Komputer Windows 11 Terbaru

Diposting pada

carasatu.web.id – Bekerja dengan multi monitor dari komputer yang Anda punya mempermudah pekerjaan yang multi tasking dan harus di kerjaan bergantian atau bebarengan. Namun yang awam biasanya akan kesusahan untuk setting multi monitor pada komputer windows 11.

Jika Anda bekerja di rumah, bahkan hanya beberapa hari dalam seminggu, tidak ada yang lebih baik daripada memiliki banyak monitor untuk menjadi produktif.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk menyiapkan ruang kerja Anda dengan lebih dari satu monitor di Windows 11.

Mengapa Menggunakan Multi Monitor?

Alasan menggunakan beberapa monitor sederhana: lebih banyak ruang layar. Lebih banyak ruang memungkinkan Anda menjalankan lebih banyak program secara bersamaan tanpa beralih antar jendela melalui Alt+Tab atau klik mouse tanpa henti.

Anda dapat dengan mudah menggerakkan mouse di antara monitor jika Anda perlu berinteraksi dengan program, atau membiarkannya terbuka untuk referensi–sangat membantu saat Anda menulis esai atau artikel.

Dari waktu ke waktu Anda bahkan mungkin Anda bisa nonton film atau acara TV sambil menyelesaikan sedikit pekerjaan di layar utama.

Bayangkan Anda adalah seorang manajer media sosial untuk perusahaan Anda. Anda dapat membuka Tweetdeck pada satu tampilan untuk memantau apa yang terjadi di Twitter.

Sementara itu, Anda dapat mengerjakan laporan di layar utama Anda dengan browser web yang terbuka ke dasbor analitik perusahaan Anda di satu sisi, dan Microsoft Word di sisi lain.

Jika Anda seorang penulis, Anda dapat memiliki editor teks di setengah dari satu layar, catatan di setengah lainnya, dan kemudian browser web terbuka di monitor sekunder untuk penelitian .

Membuka semua program tersebut sekaligus mengharuskan PC Anda memiliki daya komputasi untuk menjalankannya, tetapi sebagian besar PC kelas menengah dengan CPU Core i5 atau lebih tinggi seharusnya sudah cukup mumpuni untuk melakukan itu semua alias baik-baik saja.

Meskipun jika Anda ingin menjalankan program pengeditan video atau Photoshop bersama dengan beberapa program tambahan, Anda mungkin memerlukan jumlah RAM yang lebih besar agar sistem tidak macet.

Sebenarnya ada alternatif untuk menggunakan multi monitor. Contoh Anda memiliki monitor 4K berukuran besar dan kemudian menggunakan Windows Snap untuk membagi layar Anda menjadi empat bagian dengan masing-masing berukuran 1080p atau lebih kecil.

Namun, kadang kala hal tersebut sedikit menjadi tidak nyaman dibandingkan dengan menggunakan beberapa monitor dengan ukuran jendela yang lebih besar sekaligus.

Simpan gambar IG : Cara Simpan Foto Instagram ke Komputer Modal Copy Paste Dan Save

Setting Multi Monitor

Setting multi monitor
gambar by howtogeek

Sebagai cintoh kita coba setting dua monitor, tetapi dasar-dasarnya akan berfungsi untuk tiga atau bahkan empat monitor.

Jumlah monitor yang dibutuhkan seseorang berbeda tergantung pada kasus penggunaan unik Anda, namun, mayoritas orang seharusnya bisa menyelesaikan pekerjaan dengan dua atau tiga monitor.

Setelah Anda mendapatkan hingga empat, Anda akan memerlukan beberapa dudukan monitor untuk menumpuk monitor di atas satu sama lain, yang menjadi sedikit lebih rumit.

Untuk memulai pengaturan beberapa monitor, yang perlu Anda lakukan adalah mencolokkan monitor tambahan ke PC (baik desktop atau laptop) menggunakan kabel koneksi pilihan Anda.

Jika PC Anda adalah laptop atau desktop tanpa kartu grafis (GPU), gunakan port yang ada pada motherboard (onboard) Anda biasanya berupa HDMI.

Namun, jika Anda memiliki kartu grafis, kabel monitor harus menggunakan port kartu dan bukan motherboard.

Dengan atau tanpa kartu grafis, kebanyakan orang akan mencari untuk menggunakan HDMI, meskipun gamer juga dapat menggunakan DisplayPort saat menggunakan monitor dengan kecepatan refresh tinggi.

Setelah Anda mencolokkan monitor tambahan, Windows akan berhenti sejenak untuk mengetahui apa yang terjadi. Setelah beberapa detik, Anda akan melihat monitor tambahan menjadi hidup.

Secara default, Windows dapat menampilkan monitor Anda dalam mode cermin, yang berarti setiap monitor menampilkan desktop yang sama persis.

Untuk mengubahnya, buka aplikasi Pengaturan melalui menu Mulai, atau tekan pintasan keyboard Tombol Windows+I.

Pastikan “Sistem” dipilih di panel navigasi sebelah kiri (ini adalah default) dan kemudian klik “Tampilan” di jendela utama.

Di bagian paling atas Windows 11 akan menampilkan konfigurasi monitor Anda saat ini sebagai sekumpulan ikon.

Monitor berlabel “1” adalah jendela utama Anda, sedangkan yang kedua diberi label “2.”

Jika Windows menampilkan monitor ekstra Anda di sisi kanan, dan Anda ingin di sisi kiri, cukup seret dan lepas dari sisi kanan ikon monitor utama ke sisi kiri dan tekan tombol “Terapkan” yang muncul.

Hal yang sama berlaku jika Anda ingin menempatkan monitor di atas atau di bawah monitor utama Anda. Itu semua hanya drag and drop.

Jika Anda tidak yakin monitor yang mana, tekan tombol “Identify” di bawah ikon, dan Windows 11 akan menampilkan angka di layar yang sesuai.

Tepat di bawah ikon monitor dan di sebelah tombol “Identify”, Anda akan melihat menu drop down.

Klik itu, dan Anda akan melihat beberapa opsi termasuk: Duplikatkan Tampilan Ini, Perpanjang Tampilan Ini, Hanya Tampilkan Pada 1, Hanya Tampilkan Pada 2, dan seterusnya.

Tips belanja Online : Cara Belanja Online Yang Aman Melalui Website dan Aplikasi

Opsi yang kami inginkan adalah “Perpanjang Tampilan Ini.” Dengan begitu kedua layar menjadi satu desktop besar di mana Anda dapat menampilkan program yang berbeda di masing-masing layar.

Selanjutnya, klik ubin “Beberapa Tampilan”. Pengaturan di sini mungkin tidak perlu diubah kecuali Anda menggunakan laptop, atau Windows salah menetapkan tampilan sebagai monitor utama Anda (yang menjadi fokus pengaturan Anda).

Multi monitor
setting multi monitor laptop (gambar by howtogeek)

Jika, misalnya, Anda ingin monitor eksternal menjadi yang utama dalam pengaturan laptop, sorot monitor eksternal di Pengaturan (itu akan menjadi yang memiliki ikon lebih besar), dan kemudian di bawah Beberapa tampilan, klik “Jadikan Ini Tampilan Utama Saya.”

Maka monitor yang Anda pilih tersebut sudah menjadi tampilan utama Anda.

Demikian bro and sis cara setting multi monitor pada windows 11 terbaru semoga berguna. Bisa karena biasa, jadi praktekan, jangan takut salah.

Facebook :  Carasatu