Teknik Marketing Digital Terbaru, Mana Yang Sudah Anda Kuasai?
teknik marketing digital terbaru

Teknik Marketing Digital Terbaru, Mana Yang Sudah Anda Kuasai?

Diposting pada

Carasatu.web.id – Teknik Marketing Digital menjadi tren pemasaran baru pada era digital saat ini. Marketing digital artinya memasarkan produk dengan cara digital. Memanfaatkan internet dengan segala kelebihanya menjadi jalan marketing yang banyak di gunakan sekarang.

Pertumbuhan digital marketing saat ini tumbuh dengan pesat. Di sokong dengan koneksi internet yang makin luas dan cepat. Bertambahnya pengguna internet makin menambah besar peluang pemasaran secara digital. Bagaimana gambaran teknik marketing digital pada tahun 2020 mendatang?

Digital marketing pada tahun 2020 akan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berpengaruh pada pasar yang akan di tuju. Penggunaan tools canggih menjadi hal yang biasa dan mulai diterapkan para digital marketer.

1. AI (Artificial Inteligence)/Kecerdasan Buatan

AI makin dikenal oleh para pengguna digital marketing. Mengunakan big data dan pengolahnnya untuk mendapatkan target pasar yang akurat dengan strategi yang tepat makin mudah dilakukan dengan teknologi AI.

Penggunaan AI mulai diterapkan oleh perusahaan besar demi mendapatkan data lebih cepat dan akurat serta biaya riset yang lebih murah. Dan kabarnya menggunakan AI mampu meningkatkan penjualan hingga 44 persen.

2. Chat dengan bot / Aplikasi Chatbot

Chatbot juga makin banyak di gunakan oleh perusahaan untuk lebih dekat dengan konsumen. Biasanya konsumen atau calon konsumen bisa dilayani oleh mesin/bot untuk layanan standar. Ini penting demi efisiensi dan efektifitas kerja dan pelayanan konsumen.

Kelebihan dari chat bot adalah mampu online 24 jam 7 hari seminggu. Sehingga pelayanan terhadap konsumen dan calon konsumen bisa terus berlangsung walaupun ownernya sedang tidur.

3. Otomatisasi Marketing

Jaman sekarang otomastiasi sudah lazim dilakukan. Demikian juga dalam dunia marketing. Misal sebuah departemen pemesaran ingin mengirimkan email, update medsos dan menghubungi pelanggan akan sangat membuang waktu jika dikerjakan manual.

Dengan bantuan mesin otormatis pekerjaan menjadi lebih ringan dan tidak membuang waktu. Selain itu dengan menggunakan mesin otomatis dalam pemasaran, makin mudah menentukan segmen yang cocok dengan produk yang di tawarkan.

4. Voice Search

Makin canggih, sepertinya bakal membuat orang makin malas mengetik. Menggunakan suara menjadi alternatif paling murah dan sangat cocok. Orang tingal ngomong apa yang di cari dan mesin akan nyajikan apa yang Anda cari.

Voice search juga berkembang, dari Amozon Echo, google Assistant dan kini apple home. Dimasa depan bukan tidak mungkin bakal hadir voice search yang makin canggih lagi dan multi bahasa.

Dari beberapa tools di atas masih sangat mungkin di masa depan akan berkembang lagi tools – tools bagus dan makin canggih.

Teknik Marketing Digital

Setelah mengetahui tools – tools canggih yang kian banyak di pakai oleh para perusahaan dan marketing mereka, kini saatnya membahas teknik marketing digital yang umunya di gunakan untuk meraih pasar dan bersaing dengan kompetitor.

Bicara digital marketing bukan hanya mengiklankan toko online atau membuat laris toko online namun segala bidang digital perlu marketing agar dikenal banyak orang. Apa lagi dengan digital coverage yang bisa dijangkau lebih luas bahkan bisa menjangkau seluruh dunia.

SEO (Search Engine Optimization)

Secara umum bisa di artikan mengoptimalkan situs web baik itu blog,toko online maupun portofolio agar ramah terhadap mesin pencarian. Artinya bagaimana memberikan jawaban yang cocok sesuai dengan apa yang user inginkan.

Makin sering web tampil di search engine makin banyak kesempatan mendapat kunjungan dari user. Makin banyak yang akses web yang  Anda buat maka target yang Anda inginkan bakal makin cepat tercapai.

SEO sendiri ada 2 metode yaitu on page dan off page.

On Page SEO artinya kita membuat konten berkualitas yang mampu menjawab apa yang dicari user di internet. Selain itu kaidah dalam penempatan subheading juga penting agar konten yang Anda buat bisa jelas maksud dan tujuan serta memberikan jawaban yang memuaskan.

Off page SEO artinya Anda bisa menyebarkan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat memlalui berbagai kanal yang mungkin bisa di gunakan. Misal sosial media. Makin banyak mendapat perhatian netizen maka potensi dikunjungi juga makin besar.

Selain itu optimasi off page juga bisa melalui backlink. Anda bisa membuat artikel dengan tema tau niche yang serupa kemudian mengajukan diri ke pemilik website untuk menanyakan apakah emnerima guest post. Jika menerima Anda bisa menyisipkan link pada postingan yang Anda buat dengan tujuan pada website Anda.

Baca : Cara Submit URL Manual Google Search Console Terbaru

Konten Marketing

Konten markting berarti berisi informasi dari apa yang ingin Anda pasarkan. Bisa berupa postingan informasi di blog, e-book, infografis maupun brosur digital. Intinya berisi informasi yang menjelaskan keingin tahuan masyarakat terhadap produk yang Anda pasarkan.

Konten marketing yang Anda tuangkan dalam media web atau blog kini bisa akses lebih cepat dengan hadirnya AMP.

AMP

AMP merupakan cara baru google untuk menampilakn konten website dengan lebih cepat. Yang ditampilkan merupakan cache yang disimpan oleh google. Tampilan tidak selengkap web aslinya namun soal loading dijamin ngebut.

Sosial Media Marketing

Sosial media juga bisa menjadi wadah marketing yang bagus. Anda bisa menggunakan facebook, instagram, youtube, twitter, linkedin dan lainnya. Anda juga bisa memasang iklan disana dengan berbayar.

Banyaknya pengguna sosial media menjadi lahan iklan tersendiri yang bisa di bidik berdasarkan topografi pengguna misal dari segi umur, jenis kelamin asal daerah dan lainnya. Sehingga target iklan benar – benar sesuai target.

Buzzer / Influencer Marketing

Buzzer atau influencer marketing juga banyak bisa Anda temui di media sosial terutama di twitter dan instagram. Penguna IG atau Twitter dengan follower banyak sering dimanfaatkan sebagai buzzer atau influencer dalam marketing.

Memang Anda harus mengeluarkan uang untuk membayar buzzer kecuali teman Anda sendiri yang jadi BUZZER rela tidak dibayar maka bisa gratis.

Fitur Stories

Anda juga bisa memanfaatkan fitur stories pada Instagram untuk menyisipkan tautan pada stories Anda. Anda butuh follower minimal 10.000 untuk dapat meyisipkan tautan di IG Stories jika belum memiliki follower 10 ribu maka belum bisa sisip tautan di Stories.

Search Engine Marketing

Selain dengan SEO agar bisa tampil di search engine secara gratis Anda juga bisa membayar search engine untuk menampilkan web/produk Anda. Anda juga bisa memilih seperti apa metode bayar yang akan Anda gunakan..

PPC (Pay per Click)

Pay per click artinya Anda akan membayar iklan yang tampil berdasarkan iklan yang muncul dan di klik. Biaya yang dibebankan kepada pemsang iklan berdasar pada banyaknya klik yang terjadi.

Pengiklan bisa memilih kata kunci yang akan digunakan untuk menampilkan iklan. Jadi saat kata kunci yang Anda bidik di ketik di search engine maka iklan Anda akan muncul. Saat iklan mucul dan di klik maka anda harus bayar seumlah klik yang terjadi.

Salah satu layanan PPC terbesar di dunia adalah google dengan AdWord.

Email Marketing

Memanfaatkan email untuk marketing sah – sah saja bagi Anda yang memiliki pelanggan tetap atau pun yang memiliki list email. Pesan penawaran dan promo bisa langsung masuk ke inbox email yang di tuju dan jika Anda mengirimkan dalam format HTML atau diberi tautan maka bisa langsung closing.

Memang tidak semua pemiliki email senang dengan email marketing. Biasanya pemiliki email akan tidak berlangganan email promosi atau penawaran. Tinggal kelihaian pengirim email dalam merangkai kata dan membuatnya menarik.

Menggunakan email marketing bisa mengemat biaya dan waktu. Denga sekali krim Anda bisa mengirim kebanyak alamat email.

Mobile Marketing

Jaman now orang sudah sangat bergantung dengan smartphone. Smartphone bisa menjadi media marketing yang potensial. Banyak orang menaruh tautan di SMS atau WhatsApp yang dikirimkan. Media SMS dan  Wa bisa menjadi media marketing. Namun biasanya penerima memblok kontak yang sering ngiklan.

Berikan iklan yang menarik agar bisa membuat penerima pesan pensaran dan mau mengklik tautan selain itu jangan terlalu sering kirim pesan iklan.

Affiliate Marketing

Marketing afiliasi bisa menjadi salah satu jalan yang bisa Anda tempuh, biarkan orang lain yang memasarkan dan Anda tinggal memberikan bagian berapa persen dari harga produk yang dijual sebagai komisi. Makin banyak yang dijual komisi yang dibayar juga makin besar namun keuntungan juga besar.

Toko online banyak yang menawarkan program afiliasi sebagai salh satu cara agar pendapatan dan penjualan teus naik.

Itulah beberapa teknik marketing digital yang sangat mungkin bekembang lebih banyak lagi di masa yang akan datang.

Keuntungan Marketing Digital

Keuntungan marketing digital lebih pada efisiensi waktu dan biaya yang lebih murah. Sebab untuk melakukan pemesaran secara digital tidak butuh perlengkapan yang bermacam-macam seperti marketing konvensional misal dengan demo produk dan lainnya.

Berikut keuntungan lain dari Marketing Digital

  1. Tidak perlu bertatap muka secara langsung sukup melalui internet sehingga lebih hemat.
  2. Mampu menghasilkan penjualan dan pendapatan yang lebih tinggi.
  3. Layanan terhubung secara realtime dan dapat di manage secara realtime juga
  4. Daya jangkau lebih luas, dengan Internet seluruh dunia bisa dijangkau.
  5. Mampu bersaing dengan perusahaan besar.
  6. Marketing digital menguatkan Anda untuk masuk dunia era internet of things (IoT)

Semoga beberapa teknik marketing digital di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi Anda.