Lebih Aman Mana WA vs Telegram vs Signal vs Palapa

Lebih Aman Mana WA vs Telegram vs Signal vs Palapa

Diposting pada

Carasatu.web.id – Mana lebih aman WA vs Telegram vs Signal vs Palapa. Facebook sebagai induk dari WA memperbaharui Privacy Policy yang menyebabkan 25 juta user pindah ke Telegram. Pembaharuan privacy policy WA oleh Facebook memungkinkan share data dari WA ke Facebook untuk target iklan dan lainnya.

Selain WA ada lagi aplikasi chat yang memiliki fitur serupa yaitu Telegram, Signal dan Palapa. Yang menarik Palapa adalah buatan Indonesia yang dijamin keamanannya. Mana yang lebih aman WA, Telegram, Signal atau Palapa.

Privacy policy menjadi salah satu isu utama orang beralih dari Whatsapp ke aplikasi perpesanan lainnya. Jikalau Anda di sudutkan mau share data diri atau tidak usah pakai produk kami? Tentu sebagian orang akan tidak rela kalau harus berbagi.

WA vs Telegram vs Signal vs Palapa

Bahkan orang-orang yang berprofesi sebagai profesional keamanan siber masih bertanya “apakah server WA masih bisa membaca konten dari penggunanya?”

Pertanyaan tersebut diajukan kepada Pak Onno W Purbo yang menjadi salah profesional di bidang IT Indoesia. Menurut pak Onno server WA masih bisa membaca isi konten penggunannya.

Hal tersebut didasarkan artikel yang berjudul “More is Less: On the End to-end Security of Group Chats in Signal, WhatsApp and Threema” yang dipublikasikan di 3rd IEEE European Symposium on Security and Privacy (Euro S&P 2018).

Pada dasarnya WA dan Palapa sama-sama mengdopsi signal dimana konten pesan dilindungi kerahasiannya dengan end to end Encryption (E2EE) namun WA melakukan modifikasi yang menurut pak Onno memperlemah, bukan meningkatkan keamanan dan privasi.

Bisa dilihat dari cuplikan dari bagian 5.2 Group Protokol

“… As a result, the WhatsApp server is mainly responsible for the distribution of group messages based on the group management. This is a main difference in comparison to Signal and Threema. Although WhatsApp integrates the Signal key exchange protocol for direct messaging, KEYS IN GROUPS ARE USED VERY DIFFERENTLY: instead of sending encrypted messages to each group member separately (cf. section 4), each user generates a symmetric key (chain key) for encrypting only her messages to the group. …”

Dan bagian 5.4 tentang kombinasi kelemahan Wa

“… The WhatsApp server can therefore use the fact that it can stealthily reorder and drop messages in the group. Thereby it can cache sent messages to the group, READ THEIR CONTENT FIRST and decide in which order they are delivered to the members. Additionally the WhatsApp server can forward these messages to the members individually such that a subtly chosen combination of messages can help it to cover the traces. …”

sumber : onnocenter.or.id

Untuk lebih jelasnya bisa di lihat pada tabel perbandingan WA vs Telegram vs Signal vs Palapa masih dari sumber yang sama-sama.

WA vs Telegram vs Signal vs Palapa

Untuk pengguna Telegram juga harus waspada karena ada bagian yang tidak dienkripsi saat melakukan chat, nanti dibahas lebih lanjut di artikel lainnya.

Setelah mengetahui tingkat keamanan dan privasi WA,Telegram, Signal dan Palapa, apakah Anda masih akan menggunakan WA, silahkan dipikirkan dan di pahami.

Baca juga : Cara Memasang Menggunakan WhatsApp Web / WA WEB Komputer

Facebook :  Carasatu