Rekomendasi Ukuran Besi Beton Untuk Struktur Bangunan Rumah 1 Lantai
gambar: jagobangunan.com

Ukuran Besi Beton Untuk Struktur Bangunan Rumah 1 Lantai

Diposting pada

Carasatu.web.id – Mau membangun rumah dan masih bingung mau menggunakan besi ukuran berapa untuk struktur bangunannya? Besi beton untuk struktur bangunan rumah memang tidak boleh sembarangan. Sebab struktur bangunan menjadi penopang berdirinya rumah yang mendistribusikan berat rumah dan penghuninya.

Besi Bangunan Untuk struktur Bangunan

Setelah sebelumnya sudah di bahas ukuran besi beton dengan segala variannya, nah melanjutkan informasi sebelumnya sekarang membahas besi beton sebagai struktur bangunan rumah.

Siapa yang tidak ingin punya rumah? Pastinya semua orang ingin punya rumah permanent milik sendiri kalau bisa bahkan dibuat semegah mungkin.

Rumah yang megah dan kokoh butuh struktur bangunan yang bagus terukur dan dihitung dengan cermat.

Ukuran besin beton untuk Sloof

Secara umum banguna terdiri atas : pondasi, tulangan/rangka, kuda-kuda dan atap. Untuk menahan atap dan penghuni rumah butuh strukur bangunan yan kuat.

Penggunan besi beton biasanya mulai digunakan pada bagian paling dasar yaitu Sloof atau balok pengikat. Fungsinya untuk memeratakan beban yang diterima oleh masing-masing kolom. Selain itu untuk menjaga tembok tetap kokoh saat pondasi longsor.

Sloof Bangunan

Ukuran balok pengikat yang umum digunakan untuk pembangunan rumah adalah 15 x 20 cm. ukuran besi beton yang digunakan minimal ukuran 10 mm sebagai tulangan, ukuran besi begel 8 mm dan jarak antar begel 15 cm.

Ukuran Besi Beton Untuk Kolom

Kolom merupakan rangka tulangan yang menghubungkan sloof dengan ring. Kolom ini yang menjadi tulangan tembok. Saat Anda melihat cor coran yang ada besinya yang terletak diantara tembok itulah kolom.

Kolom untuk sebuah rumah sederhana biasnaya memiliki ukuran 15 x 15 cm. Ukuran besi beton sebgaai tulang utama adalah 10 mm, begel ukuran 8 mm. jarak antar begel 15 cm tebal cor coran 1,5 cm dari begel terluar.

besi beton kolom

Ukuran Besi beton untuk Balok Keliling / Ring

Ring merupakan cor coran tulangan yang berada di atas tembok yang menyangga kosntruksi atap. Untuk membuat ring minimal memiliki ukuran 12 x 15 cm. besi beton sebgai tulang utama ukuran 10 mm, besi beton sebagai begel 8 mm dan jarak antar begel 15 cm. tebal cor coran dari permukaan begel teluar 1,5 cm.

besi beton ring

Itulah rekomendasi ukuran besi beton untuk struktur bangunan rumah 1 lantai.

Untuk rumah 2 lantai atau lebih tentunya memeliki spesifikasi besi beton yang berbeda.

Semoga informasi di atas bisa berguna buat Anda yang sedang melakukan perencanaan pembangunan rumah sederhana 1 lantai.

Infomasi ini melengkapi informasi sebelumnya tentang ukuran besi beton.