Cara ngecek IMEI Ponsel (hp) BM di Situs Kemenperin
Laman situs kemenperin untuk ngecek IMEI

Cara ngecek IMEI Ponsel (hp) BM Semua Merek di Situs Kemenperin

Diposting pada

Carasatu.web.id – Cara ngecek IMEI ponsel (hp) BM di situs Kemenperin. Aturan pemblokiran ponsel Black Market (BM) resmi di sahkan dengan peraturan 3 kementrian yaitu kominfo, perdgangan dan perindustrian. Disahkan 18 Oktober 2019 aturan menteri akan berlaku 6 bulan kemudian tepatnya 18 April 2020.

Setelah peraturan berlaku maka ponsel BM yang terdeteksi tidak bisa konek ke jaringan. Peraturan blokir ponsel BM dimaksudkan untuk membendung beredarnya ponsel BM. Ponsel Black Market tidak bayar pajak saat masuk pasar Indonesia. jadi dengan berlakukan peraturan tersebut pajak dari bisnis ponsel bisa maksimal masuk negara.

Bagaiamana dengan ponsel BM yang sudah aktif?

Setelah aturan berlaku ponsel BM baru tidak dapat konek ke jaringan. Namun bagi ponsel BM yang sudah aktif sebelum aturan ini berlaku maka di kecualikan sesuai aturan yang ada.

Cara ngecek IMEI Ponsel (hp) BM

Agar tidak terjebak membeli ponsel BM maka kita harus tahu bahwa hp yang dibeli tidak akan di blokir oleh pemerintah.  Pemerintah menyediakan laman online yang bisa di gunakan untuk mengecek IMEI ponsel BM. Caranya adalah sebagai berikut

  1. Akses laman imei.kemenperin.go.id atau di tautan berikut
  2. Masukan no IMEI pada kolom yang tersedia
  3. Klik enter atau sentuh tanda luv
  4. Nantinya akan terlihat hasil dibawahnya
  5. hasil : IMEI terdaftar di database kemenperin / IMEI tidak terdaftar di database kemenperin

No IMEI merupakan no identik yang hanya di miliki satu perangkat dan tidak ada yang sama. Jika HP/Ponsel Anda memiliki 2 slot SIM maka IMEI-nya ada 2. Pastikan keduanya terdaftar di kemenperin.

Bagi yang membeli ponsel bekas, untuk mengetahui no IMEI dengan mudah cukup ketikan *#06# maka no IMEI akan muncul. Setelah itu baru di cek di situs kemenperin.

Ternyata tidak susah cara ngecek IMEI Ponsel (HP) BM di kemenperin. Serba online memang membuat hidup makin mudah.

Demikian info singkat cara ngecek no IMEI hp BM atau tidak, semoga berguna.

baca juga : Cara Belanja Online Yang Aman Melalui Website dan Aplikasi